5 Makanan Penambah Imunitas

Anomali cuaca atau ketidakpastian cuaca harus diwaspadai manusia, karena dampaknya melahirkan banyak virus. Paling ringan dan mudah menerjang manusia adalah flu dan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Selain membiasakan hidup bersih kita juga diwajibkan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi. Terutama yang bisa meningkatkan imunitas, karena imunitas alami yang dimiliki tubuh kita tidak selamanya mampu menahan gempuran virus. Lantas makanan apa saja yang bisa menambah imunitas kita? Di bawah ini uniknya.com merangkum dari berbagai sumber mengenai makanan yang bisa meningkatkan imunitas:


1. Kerang
Kerang salah satu makanan yang mengandung zinc atau seng, Salah satu faktor penting yang ada dalam imunitas adalah tingginya kandungan mineral seng, karena memiliki efek antivirus. Selain bisa meningkatkan imunitas tubuh dengan antivirus yang dimilikinya, kandungan seng dalam tubuh bisa mempercepat penyembuhan luka.

Kerang (Sumber: blogspot.com)


2. Semangka
Untuk menjaga kestabilan tubuh, jumlah dan cairan yang masuk harus benar-benar dijaga. Salah satunya dengan banyak mengkonsumsi air minum. Namun selain melalui air minum, kita juga bisa mengkonsumsi buah-buahan. Salah satunya semangka yang memiliki kandungan air sangat tinggi. Kelebihan semangka selain kandungan airnya banyak juga mengandung antioksidan dan glutathione sebagai peningkat imun. Terutama menghindarkan kita dari infeksi. Dan kandungan glutathione terbanyak ada di semangka berwarna merah.

Semangka (Sumber: blogspot.com)


3. Kacang Almond
Tingkat imun dalam tubuh kita juga dipengaruhi stres. Jika tingkat stres kita maka imun dalam tubuh kita akan menurun pula. Salah satu makanan yang bisa menjaga kita dari tekanan atau stres adalah kacang almond. Dari sebuah penelitian diterangkan ¼ cangkir kacang almond mengandung 50 persen vitamen E yang diperlukan tubuh kita. Artinya akan meningkatkan imun tubuh sebesar 50 persen pula. Komposisi yang dimiliki kacang almond hingga bisa meningkatka imun penekan stres diantaranya riboflavin dan niacin, dan vitamen B.


Kacang Almond (Sumber: blogspot.com)


4. Jeruk
Sudah bisa dipastikan jeruk mengandung vitamin C sangat tinggi dan itu sangat baik bagi tubuh kita. Kandungan flavonoid yang ada dalam jeruk akan meningkatkan imun tubuh untuk menahan virus flu dan pilek. Karena untuk masalah kandungan vitamin C, tubuh kita masih memerlukan asupan tambahan dari suplemen selain makanan yang dikonsumsi. Tentu saja salah satunya dari jeruk.

Jeruk (Sumber: blogspot.com)

5. Yoghurt
Selain dijadikan makanan alternatif untuk diet, ternyata Yoghurt juga mengandung vitamin D yang cukup tinggi. Apalagi yoghurt yang dilabeli rendah lemak. Vitamin D inilah yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan imnun dari risiko kedinginan dan terserang flu secara cepat.

Yoghurt (Sumber: blogspot.com)

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner